Selamat Datang Di Blog Kampung Ali Hamdan RW 04 Desa Maracang Kecamatan Babakan Cikao Kabupaten Purwakarta 41151 DKM, IRMA Dan DTA Kampung Ali Hamdan - Lembaga Dan Organisasi RW 04 Desa maracang

DKM, IRMA Dan DTA Kampung Ali Hamdan


Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Ali Hamdan
Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Ali Hamdan, merupakan organisasi yang dikelola oleh jemaah muslim Kampung Ali Hamdan RW 04 Desa Maracang dalam melangsungkan aktivitas di masjid.
Setiap masjid yang terkelola dengan baik memiliki DKM dengan strukturnya masing-masing. Secara umum, pembagian kerjanya terbagi menjadi tiga yaitu Bidang 'Idarah (administrasi manajemen masjid), Bidang 'Imarah (aktivitas memakmurkan masjid) dan Bidang Ri'ayah (pemeliharaan fisik masjid).



Ikatan Remaja Masjid (IRMA) Ali Hamdan
Ikatan Remaja Masjid (IRMA) Ali Hamdan
merupakan wadah kerja sama yang dilakukan oleh remaja muslim Kampung Ali hamdan yang memiliki keterkaitan dengan Masjid untuk mencapai tujuan bersama. Mengingat keterkaitannya yang erat dengan Masjid, maka peran organisasi ini adalah memakmurkan Masjid.

"Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berperang di jalan-Nya dalam barisan yang teratur seakan-akan mereka seperti suatu bangunan yang tersusun kokoh.(QS 61:4, Ash Shaff)"




Diniyah Takmiliyah Awaliyah (DTA) Ali Hamdan

Diniyah Takmiliyah Awaliyah Ali Hamdan adalah suatu pendidikan keagamaan Islam di Kampung Al Hamdan nonformal yang menyelenggarakan pendidikan agama Islam sebagai pelengkap bagi siswa Sekolah Dasar (SD/Sederajat), yang menyelenggarakan pendidikan agama Islam tingkat dasar.

Diniyah Takmiliyah Awaliyah berkedudukan sebagai suatu pendidikan keagamaan Islam
nonformal di lingkungan Kementerian Agama.

Tujuan Pendidikan Madrasah Diniyah adalah untuk :


  • Memberikan bekal kemampuan dasar kepada warga belajar untuk mengembangkan kehidupan sebagai Warga muslim yang beriman, bertaqwa dan beramal saleh serta berakhlak mulia. Dan Warga Negara Indonesia yang berkepribadian, percayapada diri sendiri,serta sehat jasmani dan rohani;
  • Membina warga belajar agar memiliki pengalaman, pengetahuan, keterampilan beribadah dan sikap terpuji yang berguna bagi pengembangan pribadinya.
  • Mempersiapkan warga belajar untuk dapat mengikuti pendidikan agama Islam pada Diniyah Takmiliyah Wustha

Diniyah Takmiliyah Awaliyah mempunyai fungsi :
  • Menyelenggarakan pendidikan agama Islam yang meliputi Al-Qur’an-Hadits, Tajwid, Aqidah-Akhlak, Fiqih Ibadah, Sejarah Kebudayaan Islam, Bahasa Arab dan Praktek Ibadah;
  • Memenuhi kebutuhan masyarakat akan tambahan pendidikan agama Islam terutama bagi siswa yang belajar di Sekolah Dasar/SD/pendidikan sederajat;
  • Memberikan bimbingan dalam pelaksanaan pengalaman ajaran Islam;
  • Membina hubungan kerja sama dengan orang tua warga belajar dan masyarakat;
  • Melaksanakan tata usaha dan rumah tangga pendidikanserta perpustakaan.

Related Posts:

0 Response to "DKM, IRMA Dan DTA Kampung Ali Hamdan"

Posting Komentar